Hollywood Raup Pemasukan Musim Panas $4,2 Miliar, `Halloween` Berjaya


Los Angeles (ANTARA News) - Hollywood berhasil meraup rekor pemasukan sebesar 4,2 miliar dolar, sekalipun dibayangi kecemasan video dan pembajakan akan mematikan industri film, data sementara menunjukkan Minggu, sementara film horor "Halloween" terbaru menguasai box office kawasan Amerika Utara.

Film penuh bergelimang darah ini, garapan bintang rock yang kemudian menjadi pembuat film Rob Zombie, membukukan pemasukan senilai 26,5 juta dolar sejak debutnya pada Jumat lalu.

Setelah dua pekan di berada di puncak, film komedi remaja "Superbad" merosot ke posisi kedua dengan perolehan 12,2 juta dolar untuk periode tiga hari yang menandai akhir liburan musim panas itu.

Dua film debutan lainnya berada pada urutan 10 besar. Parodi laga "Ball of Fury" menempati posisi ketiga dengan pendapatan 11,6 juta dolar, sedangkan "Death Sentence" mencatat pemasukan sebesar 4,2 juta dolar pada peringkat kedelapan.

Masing-masing studio menyatakan hasil itu sesuai dengan perkiraan mereka.

Distributor "Halloween", Metro-Goldwyn-Meyer, memperkirakan filmnya akan mencatat pemasukan 30 juta dolar bila pemasukan hari libur pada Senin juga dimasukkan. Para pengamat sebelumnya memperkirakan film itu hanya akan mampu membukukan pemasukan sebesar 20 juta dolar pada periode empat hari itu.

Data terakhir akan disiarkan pada Selasa.

"Hallowen", film kedelapan yang diangkat dari film asli besutan John Carpenter pada 1978, memfokuskan kisahnya pada masa kanak-kanak yang suram dari tokoh jahatnya, Michael Myers.

Weinstein Co, studio yang memproduksi "Halloween", merencanakan akan membuat lagi dua film dengan Zombie, yang nama aslinya adalah Rob Cummings.

Zombie, 42 tahun, meraih ketenarannya pada dasawarsa 1990-an setelah memimpin band heavy metal White Zombie. Ia memulai karirnya sebagai sutradara pada 2003 dengan film "House od 1000 Corpses".


Kontribusi three-quel

Rekor box office sebesar 4,2 miliar merupakan pemecahan rekor sebelumnya sebesar 3,95 miliar yang dicapai pada musim panas 2004.

Sebagian besar dari rekor pemasukan box office tersebut berasal dari aliran tanpa akhir apa yang disebut "three-quel", yakni sekuel ketiga dari film-film laris, seperti "Pirates of the Caribbean" hingga "Spider-Man 3" sampai "Shrek the Third" dan "The Bourne Ultimatum".

Namun begitu, ada juga yang datang dari film-film asli seperti "Superbad" dan "The Simpsons". Film komedi panas remaja "Superbad" selama dua pekan berturut-turut menguasai puncak box office di kawasan AS dan Kanada, sehingga mendorong penjualan tiket musim panas melampaui angka 4 miliar dolar untuk pertama kalinya.

Secara keseluruhan "The Bourne Ultimatum" membukukan pemasukan sebesar 199,6 juta dolar, "Rush Hour 3" sebanyak 120,4 juta dolar dan "Superbad" selama tiga pekan sekitar 89 Juta dolar.

Musim panas, yang berlangsung mulai awal Mei hingga akhir Agustus, merupakan periode paling menguntungkan bagi Hollywood. Pada masa ini, berbagai studio Hollywoode biasanya mampu mengantongi perolehan di atas 40 persen dari pemasukan tahunan mereka, demikian laporan AFP dan Reuters. (*)

ptp

adf.ly

Popular Posts

amung.us

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites